Selasa, 26 Januari 2016

BNN Kabupaten Sumenep Kunjungan ke sekolah Kepala Sekolah : “Kami Menginginkan Semua Siswa Memiliki Surat Keterangan Bebas Narkoba”

Sumenep – Upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba di kabupaten sumenep kini semakin menemukan titik terang, pasalnya dengan bergeraknya Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumenep sampai saat ini kian terus aktif dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba di kabupaten sumenep khususnya di kalangan pelajar.

Langkah ini sangat di apresiasi oleh kalangan pengelola pendidikan yang ada di kabupaten sumenep, baik pendidikan formal ataupun pendidikan non formal.

Kunjungan BNN Kabupaten Sumenep ke lembaga-lembaga pendidikan yang ada di lingkungan kabupaten sumenep sangat di sambut baik oleh kepala sekolah setempat, lembaga pendidikan sangat tersebut senang dengan kehadiran badan narkotika nasional kabupaten sumenep, karna telah ikut serta dalam menjaga anak didik mereka terbebas dari jeratan barang haram (narkoba) tersebut, di antara  lembaga pendidikan yang di lakukan koordinasi oleh BNNK Sumenep pada senin (25 Januari 2016). SMPN 1 Sumenep, SMPN 5 Sumenep, SMPN 1 Kalianget, dan SMAN 2 Sumenep.

Lembaga tersebut di atas sangat menginginkan siswasa mepunyai surat keterangan bebas narkoba dari BNN Kabupaten sumenep, pihaknya menginginkan surat tersebut sebagai bukti bahwa siswa yang akan masuk dan keluar dari lembaganya mempunyai surat keterangan bebas narkoba dari BNN kabupaten sumenep, sebagai bukti legal siswa tersebut terbebas dari narkoba.

Selain itu, kepala-kepala sekolah di atas, menginginkan sekolahnya menjadi sekolah bebas narkoba secara formal, agar sekolah tersebut di yakini penolakannya terhadap narkoba sesuai dengan legalitas lembaga tersebut yang menyatakan sekolah bebas narkoba.

Disamping itu kepala sekolah siap untuk di lakukan tes urine kepadanya dan juga kepada guru yang berstatus menjadi guru di satuan pendidikan tersebut, Agar tidak hanya siswanya yang terbebas dari narkoba akan tetapi semua yang tergabung di satuan pendidikan itu  terbebas dan di nyatakan bebas dari narkoba.

Sementara itu, kepala Badan Narkotika Nasional BNN Kabupaten Sumenep Bambang Sutrisno memaparkan, pihaknya siap mengeluarkan surat bebas narkoba pada setiap siswa di lingkungan pendidikan di kabupaten sumenep dengan catatan, Setiap siswa yang mendapatkan surat keterangan bebas narkoba terlebih dahulu akan di lakukan tes urine, “ kami siap mengeluarkan surat pernyataan bebas narkoba, Namun harus di lakukan tes urine dulu pada siswa yang bersangkutan”.

pihaknya juga menjelaskan bahwa, Untuk melakukan tes urine BNN Kabupaten Sumenep belum memiliki anggaran khusus, sehingga perlu ada partisipasi dari beberapa elemen termasuk dari lembaga pendidikan terkait, “ kami siap melakukan tes urine pada setiap siswa dengan kerjasama lembaga pendidikan tersebut, terserah tekhnisnya seperti apa, yang jelas BNN Kabupaten Sumenep masih belum memiliki anggaran khusus untuk tes urine.” ujar BaSu.

Sebagai kreteria sekolah bebas narkoba, Basu menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan yang harus dan sudah di lakukan oleh lembaga pendidikan tersebut, di antaranya. Pertama tidak pernah ada transaksi, pengidaran, pemakaian narkoba di lingkungan sekolah, kedua membentuk Satgas di lembaga tersebut untuk mensosialisakikan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba P4GN secara berkesinambungan. Ketiga lembaga tersebut harus memasang banner atau sejenisnya untuk menghimbau siswa dan siswinya agar menjauhi narkoba. red.

0 komentar:

Posting Komentar